5 Negara Termuda di Dunia

1. Montenegro



Montenegro adalah sebuah negara yang terletak di Eropa Selatan. Tepatnya berada di negara Balkan dan berbatasan dengan Laut Adriatik di selatan, Kroasia di barat, Bosnia dan Herzegovina dan Serbia di utara, dan Albania di selatan. Sebagai ibukota negara adalah Podgorica.


Letak Geografis


Secara internasional, Republik Montenegro berbatasan dengan Kroasia, Bosnia dan Herzegovina(Republik Srpska), dan Albania. Dalam Persatuan Negara Serbia dan Montenegro, Republik Montenegro berbatasan dengan Serbia (termasuk provinsi selatan Serbia, Kosovo dan Metohia).

Kota utama Montenegro adalah: ibu kota Podgorica (139.000 penduduk), Nikšić (61.700), Pljevlja (18.800), dan Bijelo Polje (17.100). Bekas ibu kota kerajaan adalah Cetinje.


Sejarah


Selama beberapa abad Montenegro merupakan sebuah prinsipalitas merdeka de facto yang diatur oleh sebuah penguasa dan dinasti berdasar keturunan. Negara ini mendapatkan pengakuan internasional de jure tentang kemerdekaannya, setelah Krisis Timur (1875-1878), di Kongres Berlin. Pada 28 Agustus 1910, penguasa Montenegro Pangeran Nikola Petrović Njegoš menyatakan sendiri sebagai Raja. Sebuah negara merdeka sejak Zaman Pertengahan hingga tahun 1918, negara ini lalu menjadi bagian dari negara Yugoslavia dan tergabung ke dalam wilayah Serbia dan Montenegro. Antara 1945 dan 1992, Montenegro merupakan bagian dari Republik Federal Sosialis Yugoslavia. Dari 1992 hingga 2003, Montenegro bergabung dengan Serbia untuk membentuk Republik Federal Yugoslavia. Pada tahun 2003 Republik Federal Yugoslavia kemudian diubah sehingga hubungan antara Serbia dan Montengero lebih terpisah dan namanya berubah menjadi Serbia dan Montenegro.

Serbia dan Montenegro eksis dari 2003 hingga 2006 saat Montenegro memutuskan untuk memisahkan diri melalui sebuah referendum. Oleh sebuah referendum yang dilaksanakan pada 21 Mei 2006, Montenegro mendeklarasikan kemerdekaannya pada 3 Juni 2006.



2. South Sudan (Sudan Selatan)



Sudan Selatan, secara resmi bernama Republik Sudan Selatan, adalah sebuah negara di Afrika Timur. Ibu kota dan kota terbesarnya adalah Juba, terletak di negara bagian Khatulistiwa Tengah sebelah selatan.


Letak Geografis


Sudan Selatan, secara resmi bernama Republik Sudan Selatan, adalah sebuah negara di Afrika Timur. Ibu kota dan kota terbesarnya adalah Juba, terletak di negara bagian Khatulistiwa Tengah sebelah selatan. Negara terkurung daratan ini berbatasan dengan Ethiopia di sebelah timur; Kenya, Uganda, dan Republik Demokratik Kongo di sebelah selatan; Republik Afrika Tengah di sebelah barat; dan Sudan di sebelah utara. Sudan Selatan meliputi kawasan rawa yang luas, Sudd, yang dibentuk oleh Nil Putih, secara lokal disebut Bahrul Jabal.


Sejarah


Negara ini awalnya merupakan bagian dari Sudan Anglo-Mesir, kondominiumBritania dan Mesir, dan kemudian menjadi bagian dari Republik Sudanketika mencapai kemerdekaan pada 1956. Setelah Perang Saudara Sudan Pertama, Wilayah Otonomi Sudan bagian Selatan dibentuk pada 1972 dan berlangsung sampai dengan 1983. Kemudian terjadi Perang Saudara Sudan Kedua yang berakhir dengan Perjanjian Damai Komprehensif 2005. Selanjutnya pada tahun itu, otonomi selatan dikembalikan ketika Pemerintah Otonomi Sudan bagian Selatandibentuk. Sudan Selatan menjadi sebuah negara merdeka pada 9 Juli 2011 tengah malam (00:00) waktu setempat setelah referendum yang diselenggarakan pada Januari 2011 menghasilkan sekitar 99% pemilih memilih untuk memisahkan diri dari Sudan.

Pada 14 Juli 2011, Sudan Selatan menjadi negara anggota PBB. Negara ini juga merupakan anggota Uni Afrika. Sudan Selatan juga telah mendaftarkan diri untuk bergabung dengan Persemakmuran, Komunitas Afrika Timur, Dana Moneter Internasional, dan Bank Dunia. Negara ini juga dinyatakan dapat mendaftarkan diri untuk keanggotaan Liga Arab.



3. Kosovo



Kosovo adalah sebuah negara republik yang secara de facto merdeka, terletak di sebelah tenggara Eropa. Sebelumnya, Kosovo adalah sebuah provinsi di Serbia di bawah administrasi PBB, namun pada 17 Februari 2008 Kosovo mendeklarasikan kemerdekaan secara sepihak.


Letak Geografis


Kosovo adalah wilayah sengketa kecil dan terkurung daratan di Eropa Tenggara . Negara ini secara strategis diposisikan di tengah Semenanjung Balkan yang dikelilingi oleh Montenegro di sebelah barat, Serbia di utara dan timur, Makedonia Utara di tenggara, dan Albania di barat daya. Ia tidak memiliki akses langsung ke Laut Mediteraniatetapi sungai-sungainya mengalir ke tiga laut, Laut Adriatik , Aegean dan Hitam.


Sejarah


Pada tanggal 17 Februari 2008 Kosovo memerdekakan diri dari Serbia. Kosovo telah menempuh jalan terjal untuk menempuh kemerdekaannya. Usaha pertama pada tahun 1990 gagal karena diserbu Serbia. Pertarungan yang tidak seimbang antara Serbia dan gerilyawanKosovo atau KLA ini menimbulkan tragedi pembantaian dan pengungsian besar-besaran. NATO yang dipimpin oleh Amerika Serikat mengusir Serbia dengan serangan udara selama 78 hari. Kosovo kemudian berada di bawah perlindungan PBB dan NATO. Usaha kemerdekaan Kosovo kali ini mendapat dukungan hampir sepertiga negara-negara Uni Eropa dan Amerika Serikat. Sedangkan negara yang menolaknya adalah Serbia dan Rusia. Serbia sangat marah terhadap Amerika yang mengakui kemerdekaan Kosovo sampai-sampai memanggil pulang duta besarnya yang bertugas di Amerika.



4. Republik Ceko



Republik Ceko adalah sebuah negara di Eropa Tengah yang terbentuk setelah bubarnya negara Cekoslowakia. Negara ini berbatasan dengan Jerman di sebelah barat dan utara, dengan Polandia di sebelah utara, dengan Slowakia di sebelah tenggara dan dengan Austria di sebelah selatan.


Letak Geografis


Ceko tidak memiliki batas laut karena dibatasi oleh Polandia, Jerman, Austria, dan Slowakia. Di daerah Bohemia, mengalir Sungai Elbe atau Labe dalam bahasa Ceko dan Sungai Vltava, dikelilingi oleh pegunungan rendah. Di Sudeten, terdapat titik tertinggi di Ceko, Gunung Sněžka setinggi 1.602 m. Bagian timur Ceko, Moravia, juga berbukit dan dialiri oleh Sungai Morava serta merupakan mata air Sungai Oder atau Odra. Sungai-sungai tersebut mengalir ke Laut Utara, Laut Baltik, dan Laut Hitam.

Iklim di Ceko adalah sedang dengan musim panas yang hangat dan musim dingin yang lembap, berawan, dan dingin serta dipengaruhi oleh iklim laut dan darat.


Sejarah


Tanah Ceko muncul di akhir abad ke-9 ketika ia dipersatukan oleh Přemyslids. Kerajaan Bohemia adalah penguasanya, namun konflik keagamaan seperti Perang Hussit abad ke-15 dan Perang Tiga Puluh Tahun abad ke-17 sangat merusak. Kemudian tanah ini di bawah pengaruh Habsburg dan menjadi bagian Austria-Hongaria.

Setelah jatuhnya negara ini setelah Perang Dunia I, Ceko dan tetangganya Slowakia bergabung dan membentuk republik merdeka Cekoslowakia pada 1918. Negara baru ini mempunyai etnis Jerman minoritas yang besar, yang menuju ke pembubaran Cekoslowakia ketika Jerman dengan sukses menganeksasi minoritas tersebut melalui Persetujuan Munchen pada 1938, dan Slowakia mendapat otonomi yang lebih besar, dengan negara dinamai "Ceko-Slowakia". Slowakia lebih lanjut memecahkan diri lagi pada 1939 dan sisa negara Ceko ini diduduki oleh Jerman.

Setelah Perang Dunia II, Cekoslowakia jatuh ke dalam pengaruh Uni Soviet. Pada 1968, sebuah invasi oleh pasukan Pakta Warsawa mengakhiri usaha pemimpin negara ini untuk meliberalisasikan partai berkuasa dan menciptakan "sosialisme dengan sebuah muka manusia" pada Musim Semi Praha. Pada 1989, Cekoslowakia mendapatkan kebebasan melalui Revolusi Beludru. Pada 1 Januari 1993 negara ini secara damai pecah menjadi dua, menciptakan Republik Ceko dan Republik Slowakia yang merdeka.

Republik Ceko bergabung dengan NATO pada 1999 dan Uni Eropa pada 2004.



5. Palau



Republik Palau adalah sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik, 200 km sebelah utara wilayah provinsi Papua Barat, 255 km sebelah timur wilayah provinsi Maluku Utara, 500 km sebelah timur wilayah provinsi Sulawesi Utara dan 500 km sebelah timur negara Filipina.


Letak Geografis


Palau merupakan negara kepulauan yang terletak di Samudra Pasifik. Pulau yang paling padat penduduknya nya adalah Angaur, Babeldaob, Koror, dan Peleliu. Sekitar dua-pertiga dari penduduk tinggal di Koror.


Sejarah


Palau awalnya dihuni sekitar 1000 SM.

Untuk pertama kalinya, Palau mungkin terlihat oleh orang Eropa pada awal 1522, ketika misi Spanyol dari Trinidad, kapal andalan Ferdinand Magellandalam pelayaran keliling, melihat dua pulau kecil di sekitar garis 5 paralel utara, menamakan mereka "San Juan" tanpa mengunjungi mereka.

Palau benar-benar ditemukan oleh orang Eropa pada tanggal 28 Desember 1696 ketika peta pertama Palau dibuat oleh misionaris Ceko Paul Klein [1]berdasarkan pada deskripsi yang diberikan oleh sekelompok orang Pala yang karam di pantai Filipina di Samar .Peta ini dan surat yang dikirim ke Eropa oleh Klein pada Juni 1697 memiliki dampak besar pada gelombang minat di Palau. Ini menghasilkan yang pertama dan upaya Jesuit gagal untuk melakukan perjalanan ke pulau-pulau dari Filipina pada tahun 1700, 1708 dan 1709. Pulau-pulau tersebut pertama kali dikunjungi oleh ekspedisi Jesuit yang dipimpin oleh Francisco Padilla pada 30 November 1710, hanya untuk meninggalkan 2 pendeta Jacques yangterdampar. Du Beron dan Joseph Cortyldi pantai Sonsorol , sementara kapal induk Santissima Trinidad tersapu badai. Upaya selanjutnya untuk menyelamatkan Du Beron dan Cortyl mengetahui bahwa mereka dibunuh dan dimakan oleh penduduk setempat.

Setelah upaya lebih lanjut, pulau-pulau Palau menjadi bagian dari Hindia Spanyol pada tahun 1885. Menyusul kekalahan Spanyol dalam Perang Spanyol-Amerika pada tahun 1898, pulau-pulau tersebut dijual ke Imperial Jerman pada tahun 1899 dengan syarat Perjanjian Jerman-Spanyol , di mana mereka diberikan sebagai bagian dari Nugini Jerman . Pedagang Inggris menjadi pengunjung terkemuka di abad ke-18, diikuti dengan memperluas pengaruh Spanyol di abad ke-19.Menyusul kekalahannya dalam Perang Spanyol-Amerika, Spanyol menjual Palau dan sebagian besar Kepulauan Caroline ke Jerman pada tahun 1899. Kontrol diteruskan ke Jepang pada tahun 1914 dan selama Perang Dunia IIpulau-pulau itu diambil oleh Amerika Serikat pada tahun 1944, dengan Pertempuran Peleliu yang mahal antara 15 September dan 25 November dengan lebih dari 2.000 orang Amerika dan 10.000 orang Jepang terbunuh. Pulau-pulau tersebut secara formal dilalui ke Amerika Serikat di bawah naungan PBB pada tahun 1947 sebagai bagian dari Wilayah Perwalian Kepulauan Pasifik .

Empat distrik Trust Territory membentuk negara tunggal federasi Mikronesiapada tahun 1979, tetapi distrik Palau dan Kepulauan Marshall menolak untuk berpartisipasi. Palau, gugus paling barat Kepulauan Caroline, sebagai gantinya memilih status independen pada tahun 1978, menyetujui konstitusi baru dan menjadi Republik Palau pada tahun 1981, dan menandatangani Compact of Free Association dengan Amerika Serikat pada tahun 1982. Setelah delapan referendum dan sebuah amandemen konstitusi Palauan, Compact diratifikasi pada tahun 1993 dan mulai berlaku pada 1 Oktober 1994, menandai Palau de de jure independen (setelah Palau merdeka de facto sejak 25 Mei 1994, ketika perwalian dibatalkan).

Legislasi menjadikan Palau sebagai pusat keuangan "lepas pantai" disahkan oleh Senat pada tahun 1998. Pada tahun 2001, Palau mengesahkan peraturan bank pertamanya dan undang-undang anti pencucian uang.

1 Komentar untuk "5 Negara Termuda di Dunia"

quantalfaggart mengatakan...

Casino Player Reviews - Mr.McCDonagh Casino
Find out the players' feedback and play for free at 오산 출장안마 Mr.McCDonagh Casino. Join the 문경 출장안마 best casino to 양산 출장마사지 play for real money. Rating: 통영 출장샵 4.1 대구광역 출장샵 · ‎Review by Dr

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel